Membuka Cakrawala Pengetahuan

Membuka Cakrawala Pengetahuan

Senin, 09 Mei 2011

ILMU PENDIDIKAN ISLAM

A.   Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
Dalam Islam terdapat tiga istilah yang digunakan untuk menunjukkan makna pendidikan, antara lain:
1.      Tarbiyah
Konsep Tarbiyah dalam Al qur’an surat Al Fatihah; “Segala puji bagi Allah, Tuhan (Rabb) semesta alam”. Rabb diartikan Tuhan karena Dia Yang mencipta, mendidik dan memelihara makhluk-Nya sesuai dengan fitrahnya sehingga Pendidikan Islam harus bersifat Rabbany (mendidik dan memelihara).
2.      Ta’dib
Istilah Ta’dib dalam hadits Rosululloh SAW; “Tuhanku telah mendidikku (addabany), maka Dia sempurnakan pendidikanku (Ta’diby)”. Addaba diartikan mendidik sehingga Pendidikan Islam harus bertujuan mendidik.
3.      Ta’lim
Berasal dari “allama” yang berarti “pengajaran”, arti ini lebih universal dari tarbiyah dan ta’dib. Sehingga dapat diartikan sebagai aktifitas pendidikan yang selalu melibatkan belajar, tetapi tidak semua belajar melibatkan pendidikan.
B.   Arti Pendidikan Islam
1.      Menjaga dan memelihara fitrah anak
2.      Mengembangkan seluruh potensi anak
3.      Mengarahkan fitrah anak dan seluruh potensi anak ke arah yang baik, benar dan sempurna
4.      Pendidikan Islam sebagai proses pendidikan yang bertahap
Pendekatan untuk memahami konsep pendidikan islam:
a.       Pendidikan sebagai pengembangan potensi, pendidikan berguna dalam diri seseorang untuk mengetahui dan menggali kemampuan, minat dan bakatnya agar dapat dikembangkan secara sadar maupun tidak sadar.
b.      Pendidikan sebagai pewarisan budaya, pendidikan merupakan salah satu hasil karya manusia yang terjadi secara turun temurun sehingga dapat diwariskan kepada penerusnya.
c.       Pendidikan sebagai  interaksi antara potensi dan budaya, pendidikan sebagai penilai, perantara dan penghubung kemampuan seseorang dengan hasil karyanya.
C.   Konsep Pendidikan Islam
·         Anwar Jundi, pendidikan Islam adalah pendidikan yang utuh dan sempurna, meliputi seluruh dimensi manusia, yakni: ma’rifah,  al-riyadhoh dan al-iman.
·         H.M. Arifin, pendidikan Islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan jasmani dan rohani menurut ajaran Islam dengan suatu hikmah
·         M. Munir Mursi, pendidikan Islam adalah pendidikan yang utuh dan sempurna yang dibangun atas prinsip dasar (asas):
.          mendidik kesempurnaan kepribadian secara terpadu (utuh)
.          berorientasi pada integritas dan perbuatan
.          sebagai refleksi iman dan Islam yang menuntut satunya ucapan dan perbuatan
.          berkesinambungan antara kehidupan dunia dan akhirat
.          kesatuan antara pendidikan individu dan sosial secara simultan
.          pendidikan hati nurani manusia
Asas Pendidikan Islam
1)      Pendidikan fitrah dan manusiawi
2)      Berorientasi pada nilai baik dan maslahah
3)      Pendidikan yang berlangsung sepanjang hidup manusia
4)      Memelihara internasionalisme dan nilai-nilai luhur
5)      Mengembangkan nilai inovatif
3 Pilar Konsep Pendidikan Islam
1)      Nilai ideal, memberi acuan yang utuh dan menyeluruh bagi Pendidikan Islam serta integrasi pengetahuan, sikap dan perbuatan
2)      Nilai spiritual, menjadi acuan bagi Pendidikan Islam sepanjang hidup manusia yang berkesinambungan antara kehidupan dunia dan akhirat
3)      Nilai humanistik, memberi acuan bagi Pendidikan Islam yang bertumpu pada pendidikan hati nurani
Sasaran Pendidikan Islam
Dalam proses pendidikan Islam, peserta didik yang mempunyai daya tubuh, daya hidup, daya akal dan daya kalbu sebagai objek sekaligus subjek pendidikan Islam  di proses oleh norma, nilai dan prinsip-prinsip islam yang kuat dan secara tegas mengatur kehidupannya untuk menghasilkan outcome pribadi muslim yang bertaqwa.
D.  Arti Ilmu Pendidikan Islam
Pengetahuan tentang pendidikan keagamaan (Islam) yang tersusun secara sistematis menjelaskan adanya fenomena pendidikan islam secara logis dan empiris.
Pembidangan ilmu agama islam dibagi menjadi:
1.      Sumber ajaran islam
2.      Pemikiran dasar islam
3.      Hukum islam dan pranata sosial
4.      Sejarah dan peradaban islam
5.      Bahasa dan sastra islam
6.      Pendidikan islam
7.      Dakwah islam
8.      Perkembangan modern / pembaharuan dalam islam
E.   Kedudukan Ilmu Pendidikan Islam
Pendidikan sebagai ilmu pendidikan bersifat teoritis dan praktis.
·         Bersifat teoritis karena memberikan pemikiran yang tesusun secara teratur  dan logis tentang masalah-masalah pendidikan.
·         Bersifat praktis karena memberikan pemikiran-pemikiran tentang masalah dan ketentuan-ketentuan pendidikan yang langsung ditujukan kepada perbuatan mendidik
F.   Ruang Lingkup Masalah Pendidikan
Pendidikan ditinjau dari bentuknya terdiri dari :
1.      Lingkungan pendidikan keluarga
2.      Lingkungan pendidikan sekolah
3.      Lingkungan pendidikan luar sekolah
Sedangkan Pendidikan ditinjau dari masalahnya terdiri dari ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar