Membuka Cakrawala Pengetahuan

Membuka Cakrawala Pengetahuan

Sabtu, 04 Juni 2011

HUMAS PENDIDIKAN


 
Enam komponen komunikasi yaitu:
Dari keenam komponen itu, yang paling menentukan dalam pencapaian tujuan adalah pada si pengirim berita, karena pengirim berita adalah sebagai penentu suatu berita itu sendiri arah dan tujuannya. Berita akan tersampaikan dengan baik apabila si pengirim berita menyampaikan maksud dan tujuan berita itu dengan baik pula, namun sebaliknya bila tidak disampaikan dengan baik maka akan menimbulkan banyak persepsi atau pemahaman yang berbeda pada pihak yang menrima pesan atau berita. Penerima pesan posisinya sebagai objek yang menerima apa adanya suatu pesan atau berita yang disampaikan dari si pengirim berita. Oleh karenanya pengirim berita yang menjadi efek dan memeiliki peran penting dalam pencapaian tujuan, dan dalam penyampaiannya akan menimbulkan banyak variasi tergantung daya penangkapan atau pemahaman si penerima berita/pesan.
Pengirim berita juga harus menjadi komunikator atau coder yang baik. Karena hal itu sangat berdampak ketika pengirim berita tidak menyampaikannya dengan baik maka hasilnya akan tidak jelas dan bahkan akan rancu untuk bisa dipahami dan akhirnya hal itumenjadi penyebab terjadinya perbedaan dalam menyimpulkan suatu pesan/ berita. Oleh karena itu pengirim berita dituntut suatu persyaratan bahasa yang baik, harus sehat, secara sadar, tidak gugup dan sebagainya.
Media atau sarana penyampaian berita yaitu suatu benda yang digunakan untuk menyampaikan berita. Contoh: surat kabar (untuk berita tertulis), bahasa bermakna, televisi (berita gambar dan suara), radio, dan sebagainya. Tentu itu akan sangat berpengaruh terhadap pesan berita itu sendiri dalam penyampaiannya terhadap berbagai media. Pesan atau berita disampaikan oleh media yang kiranya bersangkutan dan sesuai dengan isi pesan berita yang hendak disampaikan.  Bila isi pesan berita yang mengaruskan adanya Audio dan Visual maka harus disampaikan melalui media televisi agar jelas dan mudah dipahami oleh penerima, tapi sebaliknya bila pesan berita membutuhkan audio dan visual tetapi disampaikan melalui media cetak (surat kabar) maka pesan berita tidak akan tersampaikan dengan baik dan itu sangat kurang efektif dan berdampak pada kejelasan suatu berita yang menimbulkan banyak perbedaan terhadap isi pesan berita itu sendiri. Penyampaian berita yang baik adalah penyampaian yang menggunakan media yang sesuai dengan isi pesan berita itu sendiri.
Berita adalah suatu pesan atau isyarat yang biasanya disampaikan berbentuk symbol-simbol yang mengandung arti. Pesan tersebut dapat berupa:
Gerak: lambaian tangan, anggukan kepala, kerlingan mata dan sebgainya.
Suara: dentuman meriam, klakson, dering, bahasa, dan sebagainya.
Benda: tanda, tulisan, benda putih, sabuk hitam, dan sebagainya.
Berita juga mengandung srti suatu hal keadaan/ peristiwa yang memiliki arti atau makna didalamnya yang menjadikan sebuah topik pembahasan.
Sedangkan media adalah suatu sarana penyampai berita, yaitu benda yang digunakan untuk menyampaikan berita. Bila berita itu isi/materinya, dan media adalah sarananya sebagai perangkat untuk menyampaikan berita.
Maka jelaslah perbedaan antara berita dan media, berita adalah menyangkut pesan yang akan disampaikan sedangkan media adalah sarana penyampaian pesan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar