Membuka Cakrawala Pengetahuan

Membuka Cakrawala Pengetahuan

Minggu, 05 Juni 2011

PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL DAN TEKS
Oleh: Fikri Arief Husaen*

Penegembangan adalah proses penerjemahan spesifikasi rancangan kedalam bentuk fisik. Bila dilihat, pengembangan sekarang terkait mengenai pendidikan/ pembelajaran terdapat banyak vareasi teknologi. Akan tetapi hal tersebut tidak akan pernah terlepas dari teori dan praktek yang berhubungan dengan pembelakaran tersebut. Salah satu media pembelajaran yaitu mengembangkan media modul dan teks.
Media pembalajaran merupakan komponen intruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan.  Media merupakan alat Bantu yang dapat disajikan penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran. Menurut Syaifulbahri, djamarah dan aswan, “media merupakan wahan penyaluran informasi belajar atau informasi pesan. Dalam perkembangannya media pembelajran mengikuti perkembangan teknologi
Salah satu yang akan dibahasa adalah pengembangan media berupa modul dan teks. Media modul dan teks ini merupakan media teknologi cetak, karena berupa printout/cetakan materi teks maupun gambar yang dicetak. Pembahasan lebih lanjut meliputi teknologi cetak yaitu:
  1. Pengertian Teknologi Cetak.
Teknologi cetak adalah cara untuk memproduksi atau menyebarkan materi, seperti buku, modul, printout, handout, dan materi visual statis berupa teks ataupun gambar, yang pada umumnya dilakukan melalui proses cetak mekanis atau fotografis.
Subktegori ini mencakup teks, grafis, dan sajian reproduksi foto.
Materi cetak dan visual melibatkan teknologi yang paling dasar. Bentuknya dalam hardcopy dan digunakan untuk media pembelajaran dan ini merupakan penyebaran/pengembangan melalui media cetak.
            Dua komponen utama pengembangan teknologi ini adalah materi teks verbal dan materi visual. Media ini pembelajarannya lebih kepada teori. Dalam bentuk murninya, media visual dapat membawakan pesan lengkap, tetapi hal ini dalam interaksi pembelajaran, kebanyakan yang ada ialah paduan informasi tekstual dan visual.  
2. Karekteristik Teknologi Cetak
Adapun Beberapa Karakteristik media cetak ini yaitu:
a. teks dibaca secara linear, sedangkan visual disajikan secara parsial.
b.  menampilkan komunikasi secara satu arah dan reseptif.
c. ditampilkan secara statis atau diam.
d.pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip pembahasan    dan persepsi visual.
e. berorientasi atau berpusat pada siswa.
            Pendekatan yang berorientasi pada siswa adalah pendekatan dalam belajar yang ditekankan pada cirri-ciri dan kebutuhan siswa secara individual. Sedangkan lembaga atau pengajar berfungsi sebagai penunjang dan fasilitator.
3.      Pemanfaatan Media Cetak Dalam Pendidikan
Media cetak khususnya modul merupakan media utama yang digunakan dalam pendidikan. Beberapa pemanfaatan media cetak dalam pendidikan yaitu sebagai berikut:
1.      Modul dan media cetak berbeda dengan foster, lembar kerja,dll yaitu yang dibutuhkan untuk semua mata pelajaran telah dirancang dan diproduksi sesuai dengan prinsip pengembangan bahan belajar mandiri.
2.      Modul-modul yang dibutuhkan tersebut didistribusikan dengan baik keseluruh pengajar dan peserta didik sesuai dengan mata pembelajarannya.
3.      Pastikan pengajar telah memahami modul sesuai pembelajarannya untuk memudahkan dalam proses pembelajaran khususnya penyampian materi pada peserta didik.
4.      Beri kesimpulan kepada para peserta didik untuk mengukur keberhasilan belajarnya.
            Demikian yang dapat kami sajikan mengenai Pengembangan Media Pendidikan Agama Islam terkait tentang pengembangan  Teknologi Cetak yaitu Pengembangan Media Modul dan Teks.



2 komentar: