Membuka Cakrawala Pengetahuan

Membuka Cakrawala Pengetahuan

Sabtu, 15 Oktober 2011

OBSERVASI....

MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA
Oleh: Fikri Arief H.
  
PROFIL MA NURUL UMMAH

MA NURUL UMMAH terletak di Jln. Prenggan 289 Kotagede Yogyakarta. Merupakan lembaga formal Madrasah Aliyah yang berada dibawah naungan Yayasan Bina Putra Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede dibawah pengasuh KH. Ahmad Zabidi. MA Nurul Ummah ini dibawah pimpinan/kepala sekolah Bpk. Muh. Baihaqi, M.Ag.
Murid/siswa-siswinya adalah merupakan santri yang tinggal di Ponpes Nurul Ummah kotagede walaupun ada beberapa yang dari masyarakat sekitar.
Para pengajarnya pun adalah para Dewan suro/ mudabbir-mudabbirot Ponpes Nurul Ummah kotagede yang memiliki kompetensi dan kualitas yang memadai dan ahli dibidangnya.

HASIL OBSERVASI….

  1. Profil Guru SKI Nurul Ummah
Guru SKI MA Nurul Ummah yaitu Bpk. Samsul Anam, MA. Latar belakang (Background) pendidikannya yaitu lulusan Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (S1), dan Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (S2). Beliau selain mengajar di MAN Nurul Ummah juga memberikan pendidikan khazanan keislaman di Ponpes Kotagede. 
  1. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran SKI adalah metode variatif, yaitu dengan menggabungkan 3 ranah dimensi; masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Yang tetap dalam penggunaan metodenya memakai orientasi Ceramah dalam memberikan pengajaran yang efektif dalam merekonstruksi sejarah ke masa mendatang.
Kemudian Diskusi kelompok salah satu metode yang sangat ditekankan, usaha memberikan pembelajaran yang terpusat pada siswa-siswi agar aktif dan agresif serta melatih pemikiran daya kritis siswa.
Selanjutnya diakhir pembelajaran guru memberikan penegasan serta motivasi kepada siswa usaha untuk memberikan pencerahan yang efektif.
  1. Media
Media yang digunakan seadanya yang terdapat dikelas seperti papan tulis, peragaan contoh melalui gambar dan sesekali menampilkan CD pembelajaran terkait tentang Sejarah Kebudayaan Islam (periodesasi islam).
Media digunakan sebagai pembantu dalam proses pembelajaran tentunya disesuaikan dengan tema ataupun konteks pembahasan yang akan dikaji.
4. Evaluasi
Dalam mengevaluasi hasil belajar SKI dan untuk mengukur dan mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap daya serap materi yang telah disampaikan yaitu dengan cara:
a. evaluasi melalui ulangan harian
b. evaluasi melalui ulangan semester
c. keaktifan dalam kelompok diskusi
d. pemberian tugas 
Dari hasil evaluasi tersebut memunculkan sebuah nilai yang dikumpulkan dari berbagai data dan keaktifan siswa sebagai catatan dan bahan nilai akhir yang ditentukan oleh guru untuk mengetahui tingkat pemahaman tiap siswa, sebagai peninjauan dan evaluasi untuk meningkatkan kearah yang lebih baik.

5. Penilaian Siswa
Dari hasil wawancara dengan para siswa/murid MA Nurul Ummah, mereka mengatakan bahwa guru SKI MA Nurul Ummah (Bpk. Samsul Anam, MA.) dalam memberikan pengajarannya terkait tentang mata pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam sangat menarik, tidak monoton. Materinya dikemas dengan semenarik mungkin sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dan kebosanan. Bpk samsul Anam bisa membawa sejarah sebagai pencerahan yang bisa dikontektualisasikan/ mengambil sisi ibrohnya untuk menghadapi masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar