Membuka Cakrawala Pengetahuan

Membuka Cakrawala Pengetahuan

Jumat, 04 November 2011

Sosiologi Pendidikan

Nama : Fikri Arief Husaen
NIM : 09410157
NPK : 15
PAI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2011
Definisi Sosiologi
  1. Auguste Comete, the founding father of sociology, defines sociology as the science of social phenomena "subject to natural and invariable laws, the discovery of which is the object of investigation".
(Auguste Comete, bapak pendiri sosiologi, mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dari fenomena sosial "tunduk pada hukum alam dan seragam, penemuan yang merupakan objek penyelidikan".)
  1. Kingsley Davis says that "Sociology is a general science of society".
(Kingsley Davis mengatakan bahwa "Sosiologi adalah ilmu umum masyarakat".)
  1. Harry M. Johnson opines that "sociology is the science that deals with social groups".
(Harry M. Johnson opines bahwa "sosiologi adalah ilmu yang berhubungan dengan kelompok sosial".)

Definisi Sosiologi Pendidikan
  1. Menurut F.G. Robbins, sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantata sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.
  2. Menurut H.P. Fairchild dalam bukunya ”Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadi ia tergolong applied sociology.
  3. Menurut Prof. DR S. Nasution,M.A., Sosiologi Pendidikana dalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.

Dari beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan bahwa sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis.

Sourch/Sumber:
http://www.google.com/ Definisi of sosiology/Tuesday, March 24, 2009 | Posted by Nimesh Suranga. Sosiology of education/Friday, June 26, 2009 | Posted by Nimesh Suranga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar